Dukung Investasi, Pabdesi Kunjungi Tambang Emas Tumpangpitu

Anggota Pabdesi Banyuwangi mengunjungi tambang emas Tumpangpitu, Pesanggaran, Sabtu (19/1). (foto/bb/ist)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Pertambangan emas di Gunung Tumpangpitu, Pesanggaran, kedatangan tamu istimewa, Sabtu (19/1) siang. Puluhan anggota Perkumpulan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Pabdesi) Banyuwangi mengunjungi pertambangan yang dikelola PT Bumi Suksesindo (BSI) tersebut. Selain  melihat dari dekat proses tambang, kegiatan ini rangkaian touring motor plat merah inventaris Kepala Desa (Kades).

Memasuki area kantor, disambut hhangat jajaran External Affairs PT BSI. Lalu, ramah tamah. Mereka diajak mendengarkan presentasi tentang tambang terbesar kedua di Indonesia tersebut. Kemudian, tour ke lokasi tambang emas. Menggunakan peralatan keamanan lengkap, mereka mengelilingi lokasi dengan bus khusus. Selama tour, anggota Pabdesi Banyuwangi, diberi penjelasan detail mengenai proses tambang. Sekaligus ke lokasi proses pengolahan. Ternyata Banyuwangi, memang benar-benar kaya,” ucap salah satu perangkat desa.

Ketua Pabdesi Banyuwangi, Ahmad Mura’i menjelaskan, kunjungan ke PT BSI adalah bentuk kepedulian perangkat desa pada program pemerintah daerah. Sekaligus, dukungan terhadap investasi yang bermanfaat pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Berbagai inovasi yang didorong oleh Bupati Anas, tujuanya untuk kemajuan, serta menciptakan iklim investasi yang baik. Kami pun demikian, bagi kami investasi harus mampu membawa manfaat,” terang Kades Gumirih, Kecamatan Singojuruh ini.

Sementara itu, Kades Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Vivin Agustin, mengakui jika keberadaan PT BSI telah mendorong percepatan pembangunan di wilayahnya. Bukan hanya infrastuktur, juga  pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Dalam perbaikan jalan dan normalisasi sungai, kita dibantu tujuh alat berat, sekaligus biaya operasional oleh PT BSI, warga kami juga mendapat bantuan ternak bergulir,” ucapnya.

Senior Manager External Affairs PT BSI, Sudarmono, mengaku senang dengan kunjungan  Pabdesi Banyuwangi. Tahun 2019, PT BSI melalui CSR, berkomitmen akan mendorong penguatan peran Kades dalam percepatan pembangunan di tingkat desa.

“Kami sangat menyambut baik, kebetulan para pengurus juga sudah akrab. Jadi momentum ini kami harap mampu menguatkan hubungan perusahaan dengan pemerintah desa,” ungkapnya. Hubungan yang baik, lanjut Sudarmono, akan berimbas positif pada kondusivitas iklim investasi. Selanjutnya, berimbas pad peningkatan sektor ekonomi. Terutama ekonomi mikro.  “ Tour area tambang adalah wujud keterbukaan kami atas informasi proses pertambangan,” pungkasnya. (udi).

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484