Tahun Politik, Dewan Diminta Tak Tinggalkan Reses

0
joni subagio. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Tahun politik, biasanya membuat kalangan politisi sibuk. Termasuk di DPRD Banyuwangi. Meski begitu, para wakil rakyat kota Gandrung diminta tetap memperhatikan kepentingan masyarakat. Salah satunya, mau mengambil masa reses. Sebab, reses menjadi momen menjaring aspirasi masyarakat dalam mendukung program pembangunan.

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Joni Subagio mengatakan reses bukanlah kewajiban bagi anggota DPRD. Namun, hak. Karena itu, tak wajib diambil atau dilaksanakan kalangan Dewan. Meski begitu, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini meminta anggotanya tidak meninggalkan masa reses. “Berdasarkan keputusan Badan Musayawarah (Bamus), jadwal reses adalah seminggu. Diambil atau tidak, itu hak anggota DPRD.  Tapi, mau tidak mau harus diambil karena untuk menyerap aspirasi masyarakat,” kata Joni, Jumat (8/2).

Dijelaskan, reses adalah momentum yang tepat untuk menyerap aspirasi masyarakat. Apalagi, bersamaan dengan tahun politik.  Lalu, memasuki jadwal Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes). “ Tentunya, ini menjadi saat yang tepat menyerap aspirasi masyarakat dari daerah pemilihan (dapil) masing-masing,” jelasnya.

Pihaknya justru mempertanyakan jika ada anggota Dewan yang tak mau mengambil masa reses. Sebab, masyarakat akan kekurangan saluran aspirasi. “ Khusus saya pribadi, reses ini saya ambil. Ini saat tepat menjaring aspirasi dari masyarakat,” imbuhnya.

Nantinya, lanjut Joni, hasil reses itu akan menjadi acuan DPRD dalam mengawal proses pembangunan dan kebijakan dari Pemkab Banyuwangi. Dari aspirasi itulah, pihaknya memiliki data pasti apa yang sebenarnya dibutuhkan di tengah masyarakat langsung. “ Ini sebenarnya tujuan dari reses. Para wakil rakyat tahu apa aspirasi dari masing-masing dapil yang diwakili,” tegasnya.

Aspirasi dari tingkat desa itulah, lanjutnya, akan terus dikawal ke kecamatan, berlanjut hingga ke kabupaten. Karena itu, tegas Joni, reses menjadi momen bertemunya wakil rakyat dengan masyarakat yang diwakili. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484