Napi Membengkak, TPS di Lapas Ditambah

2
Penghuni Lapas Banyuwangi melakukan pemungutan suara saat Pilgub Jawa Timur, Juni 2018. (foto/bb/dok)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banyuwangi mendapat perhatian khusus selama pemilu, 17 April mendatang. Akibat membengkaknya penghuni, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Lapas Banyuwangi akhirnya ditambah. Dari sebelumnya dua TPS, ditambah menjadi 4 TPS. Total penambahan pemilihnya hampir mencapai 500 orang.

Dengan penambahan ini, total jumlah TPS pemilu 2019 di Banyuwangi mencapai 5.120 TPS. Sebelumnya, hanya 5.116 TPS. “ Jadi, kita tambah 4 TPS. Satu di Pondok Pesantren Kaligung dan tiga TPS di Lapas,” kata Ketua KPUD Banyuwangi Samsul Arifin usai pleno penetapan daftar pemilih tetap (DPT) tambahan, Senin (18/2).

Ditambahkan Samsul, penambahan TPS ini menyusul penambahan jumlah DPT. Penambahan ini kata dia dipicu banyaknya warga yang pindah ke Banyuwangi maupun ke luar daerah. Warga pemilih yang masuk ke Banyuwangi mencapai 1.75I orang, sedangkan warga pemilih yang keluar sebanyak 1.414 orang. Warag pemilih yang keluar ini pemicunya beragam. Bisa pindah kerja atau melanjutkan studi. Begitu sebaliknya. Pemilih yang masuk Banyuwangi berasal adri kalangan pegawai atau mahasiswa yang menjalani studi di kota Gandrung.

Dari penambahan ini, jumlah pemilih di Banyuwangi mencapai 1.317.918 orang, sebelumnya hanya 1.317.581 orang. “ Karena penambahan DPT, otomatis TPS juga ditambah. Terutama di Lapas,” jelasnya. Jumlah nara pidana (napi) atau penghuni Lapas baru, lanjut Samsul, mencapai hampir 500 orang. Sehingga, harus disediakan dua TPS lagi. Meski ditambah, lokasi TPS tetap dibuka di dalam Lapas. Dalam Pilgub lalu, Lapas hanya menyediakan dua TPS.

Penambahan TPS tersebut, kata Samsul, akan diajukan ke KPUD Provinsi Jawa Timur. “ Ini sebatas usulan. Kenapa kita usulkan, karena menyangkut anggaran,” imbuhnya. Pihaknya optimis, usulan penambahan TPS tersebut akan disetujui. Sebab, sesuai realita di lapangan. Bertambahnya jumlah pemilih harus diimbangi dengan TPS yang cukup. Dari KPUD Provinsi, usulan penambahan TPS akan dibawa ke KPU Pusat. “ Keputusan akhir ada di KPU Pusat. Tapi, kami optimis bisa disetujui,” pungkasnya. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484