Rayakan Imlek, Warga Pesta 10.000 Lontong Cap Go Meh

2
Festival Imlek di Tempat Ibadah Tri Dharma Hoo Tong Bio, Banyuwangi, Selasa (19/2) malam. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.co.id) – Imlek di Banyuwangi dirayakan dengan nuansa beda di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hoo Tong Bio, Selasa (19/2) malam. Warga komunitas Tionghoa memeriahkan tahun baru Tiongkok ini dengan pesta 10.000 porsi lontong Cap Go Meh. Warga umum pun ikut menyantap kuliner hasil akulturasi budaya Tionghoa dan masyarakat Jawa tersebut.

Diawali dengan suguhan beragam kesenian khas negeri Tirai Bambu, perayaan Imlek memukau wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Salah satunya, tarian Barong Sai. Hiasan lampion membuat suasana TITD di dekat pesisir tersebut makin semarak.  “Lontong Cap Go Meh adalah akulturasi tradisi Tionghoa dengan masyarakat pantura. Diawali di Cirebon, Tegal, Pekalongan dan Lasem lalu tersebar di seluruh komunitas Tionghoa di Nusantara,” kata Ketua Majelis Rohaniawan Tri Dharma Seluruh Indonesia Komisariat Daerah Jawa Timur Leman Kristanto.

Leman menambahkan, tradisi lontong Cap Go Meh disajikan sebagai penutup dari rangkaian Imlek, tepatnya tanggal 15 bulan pertama dalam kalender Tionghoa. “Cap Go” sendiri berarti lima belas, sedangkan “Meh” artinya malam. “Ini adalah momen pertama orang Tionghoa melihat purnama. Harapannya, kehidupan yang akan terus terang sepanjang tahun,” jelasnya.

Menurutnya, tradisi lontong Cap Go Meh juga bentuk kebersamaan. Sepuluh ribu dibagikan gratis ke warga umum yang hadir.  “Masyarakat Tionghoa meyakini, dengan menyantap lontong tersebut akan mendapat kebaikan di tahun baru ini. Ini pula yang kami harapkan untuk seluruh warga Banyuwangi,” pungkas Leman.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan perayaan Imlek di Banyuwangi masuk dalam salah satu festival tahunan. “Perayaan Imlek ini, menjadi simbol persatuan bagi kita, rakyat Banyuwangi. Tidak hanya persatuan dengan kehadiran kita, tapi juga kesatuan dalam kebudayaan kita,” kata Anas. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

HUB. : 085236362484